PENGERTIAN DAN FUNGSI KULIT PADA MANUSIA

PENGERTIAN DAN FUNGSI KULIT PADA MANUSIA - Kulit adalah merupakan salah satu lapisan paling luar yang membungkus seluruh bagian permukaan pada tubuh manusia. Dan sebagian besar kulit pada manusia ditumbuhi oleh rambut. 


PENGERTIAN DAN FUNGSI KULIT PADA MANUSIA


Pada kulit manusia juga terdapat 2 lapisan, yakni lapisan epi dermis dan lapisan dermis. Lapisan epidermis ialah lapisan yang terdiri dari lapisan tanduk dan lapisan Malpighi. Sedangkan lapisan dermis ialah kedua dari kulit yang lebih tebal dibandingkan epidermis. Selain itu, kulit pun mempunyai berbagai fungsi. Berikut ini akan dijelaskan fungsi pada kulit manusia. Simak penjelasannya dibawah ini:

1.      Proteksi
Kulit berfungsi sebagai pelindung atau proteksi bagi organ tubuh manusia dari kontak mekanis yang dapat mengakibatkan berbagai cidera. Dan selain itu kulit pun bisa melindungi tubuh dari kontak langsung sinar matahari.

Sel-sel melanosit yang ada pada kulit memiliki fungsi yang amat penting dalam melindungi tubuh dari bahayanya paparan sinar UV ataupun sinar matahari. Kemudian sementara itu, produksi keringat dan juga minyak pada kulit akan membuat lapisan kulit menjadi lebih bersifat asam.

Dan kondisi itu bisa berfungsi melindungi tubuh dari berbagai infeksi jamur dan juga bakteri.

2.      Regulator suhu
Sebagai regulator suhu kulit melakukan fungsi ini dengan cara memproduksi keringat dan juga mengkonsentrasikan pembuluh darah di dalam kulit.

3.      Penentuan Warna Kulit
Kulit juga berfungsi sebagai penentu warna kulit. Warna kulit salah satunya bisa ditentukan oleh kandungan melanosit yang terkandung pada kulit.

4.      Pembentukan vitamin D
Pembentukan vitamin  D dibentuk dari provitamin D yang ada di bagian bawah kulit dengan menggunakan bantuan dari sinar matahari.

5.      Alat ekskresi
Sebagai alat ekskresi kulit juga berfungsi dalam mengeluarkan keringat. Dan kelenjar keringat akan menyerap air dan garam dari darah pada pembuluh kapiler. Sedangkan keringat yang dikeluarkan melalui pori-pori kulit yang kemudian menyerap panas tubuh sehingga suhu tubuh akan semakin menjadi tetap dan stabil.

Sedangkan pada keadaan normalnya, tubuh akan mengeluarkan keringat sampai sebanyak 50 ml pada hampir setiap jamnya. Beberapa faktor yang bisa memacu pengeluaran keringat antara lain ialah aktivitas tubuh yang meningkat dan juga suhu lingkungan yang amat tingi.

Dan pengeluaran keringat yang berlebihan dikarenakan adanya pengaruh dari terik sinar matahari ataupun aktivitas tubuh yang tinggi bisa mengakibatkan tubuh menjadi kekurangan asupan garam. Apabila kadar garam dalam darah berkurang ataupun menurun bisa mengakibatkan kekejangan bahkan dapat mengakibatkan pingsan.

Demikian penjelasan mengenai PENGERTIAN, FUNGSIDAN KELAINAN PADA KULIT, semoga dapat bermanfaat.

0 Response to "PENGERTIAN DAN FUNGSI KULIT PADA MANUSIA"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel